Selasa, 14 Februari 2012

Drachenreiter - Sang Penunggang Naga




Judul           : Sang Penunggang Naga
Pengarang   : Cornelia Funke
Penerbit      : Gramedia Pustaka Utama
Kategori     : Novel Terjemahan
Tebal Buku : 416 halaman
Sinopsis      :



"Karena tempat tinggal para naga terancam diusik manusia, para tetua naga mengutus Lung pergi ke Kaki Langit. Maka berangkatlah sang naga muda ke Pegunungan Himalaya, mencari tempat yang selama ini diduga hanya merupakan legenda itu.
Ia ditemani Bulubelerang si gadis goblin dan Ben, bocah laki-laki yatim piatu. Sayang perjalanan mereka tidak berjalan mulus, sebab Nettlebrand, makhluk ganas mirip naga raksasa bersisik emas ciptaan sang alkemis, mengincar mereka. Nettlebrand dibantu Kakiranting, homunkulus–manusia mini–yang menjadi mata-mata dengan menyusup ke ransel Ben.
Perjalanan makin berat, sebab Lung, Ben, dan Bulubelerang ternyata juga harus berhadapan dengan para kurcaci gila emas, peri-peri jail, basilisk, ular laut, burung raksasa Rock, bahkan jin bermata seribu!"
Para naga yang kehilangan tempat tinggalnya mengadakan pertemuan untuk membahas masalah yang dianggap serius ini. Naga senior, Janggut Kelabu kemudian meminta tolong kepada para naga muda untuk mencari tempat kelahirannya yang disebut sebagai Kaki Langit, dimana tempat tersebut adalah tempat yang indah dan aman, dikelilingi bunga dan pepohonan yang rindang. Namun, dikarenkan Janggut Kelabu tidak dapat mengingat letak Kaki Langit yang sebenarnya, para naga menganggap Janggut Kelabu berbohong. Hingga akhirnya, Lung salah satu dari naga muda bersedia untuk mencari tempat tersebut, karena dia sendiri sudah lelah terus-terusan bersembunyi. Akhirnya meskipun ragu-ragu Janggut Kelabu mengizinkan Lung pergi, dengan peringatan Lung harus berhati-hati dengan Yang Berkilau Emas. Ditemani oleh Bulubelerang si gadis goblin dan Ben si bocah laki-laki yatim piatu, Lung memulai petualangannya. Perjalanan semakin berat ketika ternyata banyak musuh yang harus dihadapi, dan musuh mereka yang terbesar adalah Yang Berkilau Emas, Nesslebrand yang merupakanmakhluk berwujud naga bersisik emas ciptaan alkemis di abad pertengahan. Lalu, sanggupkah Lung menemukan Kaki Langit dan menyelamatkan para naga ?
*****

Jika ketika Anda membaca judul novel ini Anda teringat oleh kisah Eragon sebaiknya Anda perlu melupakannya sejenak. Novel ini merupakan dongeng yang sangat menakjubkan. Dengan gaya bercerita Cornelia Funke yang imajinatif, pembaca mampu merasakan petualangan Lung dan kawan-kawannya. Novel ini layak dibaca oleh semua usia. Alur cerita petualangannya sangat asyik dan sangat menarik untuk diikuti !! =)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar